Saturday, August 19, 2017

Cara instal debian bagian 2




16.     Kemudian sampailah saya ke tahap pemartisian, dalam tahap ini saya memilih metode manual. Anda dapat juga melawati tahap ini karena sudah disediakan metode automatis. Jika anda ingin dual boot dengan windows saya sarankan pilih dengan metode manual seperti langkah-langkah yang saya lakukan ini.
click gambar untuk memperbesar
17.     Saya memilih ya untuk melanjutkan.

18.     Kemudian saya memilih pri/log untuk memulai penyesuaian pemartisian. Saya akan membagi menjadi 3 bagian yaitu /root, /home, /swap.


19.     Saya memilih buat partisi baru. Karena kita akan melakukannya secara manual

20.     Pada tahapan ini saya meimih 4gb untuk /root untuk system.

21.     Saya memilih jenis partisi primer untuk /root, yang nantinya untuk penyimpanan file system. Di wndows seperti partisi c yang banyak di gunakan sebagan penyimpanan untuk sistem operasi windows.

22.     Saya memilih awal agar bisa berjalan dengan lancar.

23.     Saya gunakan partisi sebagai Ext4, dengan titik kait /root.

24.     Setelah selesai membuat partisi untuk root kemudia pilih ruang kosong lagi untuk membuat partisi /home.

25.     Kemudian saya beri 3gb untuk /home.

26.     Setelah itu saya memilih logical.

27.     Kemudian saya pilih di awal ruang hard disk yang tersedia.

28.     Saya memilih titik kait ‘home’ dam menggukan sistem berkas ext4.


29.     Setelah membuat parisi untuk root dan home kemudian saya membuat partisi untuk ruang swap, saya memilih sisa memory yaitu 1.6 bg untuk ruang swap.

30.     Saya isikan 1.6gb untuk ruang swap.

31. Kemudian saya pilih jenis partisi logikal.
32. Saya memilih untuk ruang swap.
33. Klik selesai menyusun partisi.

34. Saya pilih selesai dantulis perubahan perubahannya ke hard disk.

35. Saya pilih ya untuk memproses format pada partisi.

36. Tunggu sampai proses intalasi selesai.

37. Pilihan scaning DVD lain bisa kita abaikan disini karena bisa kita lakukan nanti di dalam sistem debian setelah terinstallasi seluruhnya. Dalam mengatur pengelola paket pada cd/dvd, saya memilih tidak karena saya tidak memiliki cd/dvd tambahan.

38. Konfigurasi network mirror tujuannya adalah untuk melakukan update software dan sistem atau yang lainnya yang tidak tyerdapat di media installasi. Itupun juga dapat dilakukan di dalam debian nantinya. Kemudian saya pilih tidak untuk melanjutkannya.

39. Debian juga mengadakan survey untuk pengguna sistem operasinya, karena saya tidak terhubung jaringan dan untuk mempersingkat waktu installasi silahkan pilih Tidak untuk melanjutkan ketahapan berikutnya.

40. Pada tahap ini anda di minta melakukan installasi paket aplikasi apakah yang akan anda install yang telah di sediakan oleh debian. Pada paper kali ini saya hanya menginstall standart saja nanti semua aplikasi kita install jika sudah selesai. Perhatikan gambardibawah ini. Pada gambar kiri software print server di centang yang artinya akan dilakukan installasi. Karena tidak butuh maka pilih di prin server kemudian tekan tombol spasi pada keyboard maka akan hilang seperti padagambar sebelah kanan

41. Agar otomatis saya pilih tempat untuk menginstall boot loader ada di /dev/sda tekan enter untuk melanjutkan. Lalu pilih ya untuk melanjutkannya.

42. Setelah intalasi selesai pilih lanjutkan.

43. Setelah itu akan muncul grub seperti ini lalu saya pilih debian gnu/linux.

44. Masukan username dan password yang telah saya buat tadi pada saat proses intalasi.

45. Debian siap untuk di operasikan.

0 comments

Post a Comment