Sunday, September 24, 2017

PENGERTIAN, STRUKTUR DAN UNSUR CERPEN


source:http://www.rumahbacarakyat.cf/

Cerpen singkatan dari Cerita Pendek adalah cerita yang mengisahkan konflik para pelaku/ tokoh tetapi pada umumnya tidak mengakibatkan perubahan nasib pelaku utama. Cerita pendek alumya tunggal (tidak ada alur cabang). tidak ada degresi. tokohnya tidak banyak dan biasanya bisa selesai dibaca dalam sekali duduk atau sekali baca. Untuk memahami cerpen dibutuhkan pemahaman mengenai unsur-unsur ekstrinsik seperti latar belakang kehidupan pencipta/pengarang (pendidikan. pengalaman. agama, politik. ideologi. pandangan hidup dsb) dan keadaan ekonomi, sosial, budaya, politik pada zaman/masa penciptaan.
Tidak tertutup kemungkinan bahwa dengan memahami suatu karya kita akan mengenal agama penulis. pandangan-pandangan atau sikap hidup penulis terhadap suatu persoalan, keadaan sosial“-budaya atau tradisi masyarakat yang sesungguhnya pada masa penciptaan. dsb.
Pemahaman terhadap faktor-faktor eksternal (ekstrinsik) suatu karya akan berguna untuk memahami suatu karya lebih mendalam. memperkaya informasi dalam pembuatan resensi, serta menilai lebih cermat baik tidaknya karya itu untuk dikonsumsi/dibaca publik.

Struktur teks cerita pendek pada umumnya sama dengan struktur teks yang ada pada novel dan roman, Jalan cerita/struktur teks cerita pendek terbagi ke dalam bagian-bagian sebagai berikut:
  • Pengenalan situasi cerita(exposition) pengarang memperkenalkan para tokoh. menata adegan dan hubungan antara tokoh.
  • Pengungkapan peristiwa (complication) penyajian peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah. pertentangan ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.
  • Menuju adanya konflik (rising action) terjadi peningkatan perhatian , kegembiraan. kehebohan. ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh.
  • Puncak konflik (climax) puncak peristiwa. pada ini pula ditentukannya perubahan nasib beberapa tokohnya.
  • Penyelesaian (ending) sebagai akhir cerita, pada bagian ini berisi penjelasan tentang nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak itu.

Unsur Intrinsik Cerpen
Menulis cerpen dengan memerhatikan unsur-unsurnya! Sebelum kalian berlatih untuk memproduksi cerpen baik lisan maupun tulisan, pada bab ini Anda diajak untuk memahami unsur-unsur yang ada pada cerita pendek antara lain :
  • Tema : pokok gagasan/inti permasalahan yang menjadi dasar pengembangan cerpen.   
  • Plot/alur/jalan cerita : urutan cerita yang didasari hubungan sebab-akibat.
  • Penokohan : gambaran sifat, pembawaan, atau sikap tokoh.
  • Setting atau latar : tempat, waktu, dan suasana yang melatarbelakangi terjadinya cerita.
  • Point of view atau sudut pandang : posisi pengarang dalam membawakan cerita.
  • Amanat : pesan yang ingin disampaikan pengarang. Amanat bisa berupa harapan, nasihat, saran, kritik, dan sebagainya.
Keenam unsur tersebut biasa diistilahkan dengan unsur intrinsik cerpen. Di samping itu, cerpen juga mengandung unsur ekstrinsik. Unsur ini turut memengaruhi terhadap penciptaan suatu cerpen. Unsur tersebut antara lain :
  • latar belakang kehidupan pengarang
  • keadaan sosial-bidaya ketika karya sastra itu diciptakan.
Semoga bermanfaat bagi sobat blogger semua.






0 comments

Post a Comment