Recent Posts

    Apa saja sih kerugian dari VPN ??

    kerugian vpn
    Kerugian VPN
    Apa saja sih kerugian dari VPN ?? Pada postingan sebelumya kita sudah membahas tentang keuntungan menggunakan VPN. kali ini saya akan melanjutkan dari postingan sebelumnya yaitu apa saja sih kerugian menggunakan VPN?? . mungkin banyak dari kalian yang tidak tau kerugian dari VPN. biasanya tidak perduli dengan keuntungan dan kerugian dari VPN itu sendiri, kebanyakan dari kalian menggunakan VPN yang penting bisa connect aja ke VPN terus bisa nonton video ata musik dari situs luar negri ataupun situs terlarang yang di blokir oleh pemerintah. sebelum ke apa saja kerugian dari VPN ? saya kasih tau pengertian dari VPN itu sendiri walaupun di postingan sebelumnya sudah saya kasih tau pengertian dari VPN itu sendiri. saya kasih tau lagi biar tambah faham pengertian dari VPN itu sendiri .

    Baca juga : Keuntungan Menggunakan VPN

    VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah koneksi antar jaringan yang bersifat pribadi, dilakukan melalui jaringan publik dan memungkinkan pertukaran sumber daya secara privat.

    kerugian menggunakan VPN :


    1. Pencurian Data

    Penggunaan layanan VPN untuk menembus pembatasan pemerintah berpotensi 
    terjadi pencurian data pengguna. Data yang dicuri biasanya berupa Nama Pengguna,  Alamat, Username, Password, dan Data penting lainnya. Pencurian data tersebut biasanya melalui iklan iklan yang sring muncul ketika kita menggunakan VPN. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, karena pada dasarnya "TIDAK ADA SISTEM YANG BENAR BENAR AMAN" semuanya pasti ada kelemahannya. Situs nasa pun yang menggunakan keamanan yang super masih bisa di retas oleh hacker , apalagi VPN itu jaringan publik pasti sangat mudah sekali hacker mencuri data kita melalui jaringan ini. walaupun konteks nya VPN jaringan privat tapi pada kenyataanya VPN itu jaringannya bersifat publik. 

    2. Penyebaran Malware

    Dalam dunia internet ada istilah Malvertising. Malvertising itu sendiri yaitu proses penyaluran Malware ke perangkat komputer maupun smartphone yang menggunakan VPN gratis. Saat kita berselancar di internet mengunakan jaringan VPN, secara tidak langsung Virus atau Malware dapat dengan mudah masuk ke perangkat melalui iklan yang terpasang di dalam sebuah web atau iklan yang terdapat dalam aplikasi VPN itu sendiri. namanya juga VPN gratisan yakannnn pasti banyak iklan bermunculan, sudah pasti itumah.

    3. Kebocoran Alamat IP 

    VPN merupakan sebuah terowongan rahasiah yang menggunakan yang digunakan untuk sampai ketujuan, yaitu internet. Namun, sejumlah layanan VPN memiliki jalur rahasia yang mempunyai banyak lubang atau kelemahan, nahh kelemahan atau lobang itulah yang menyebabkan kebocoran alamat IP yang bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk mencuri data kita. Lagi lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk me-hal yang mencegah terjadinya hal tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.

    4. Resiko serangan Man In the Middle

    Beberapa layanan VPN dapat berpotensi melancarkan serangan Man In the Middle. Man In the Middle adalah serangan terhadap sebuah sistem perangkat yang salah berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Biasanya sang penyerang atau peretas atau penyadap berapda di jalur komunikasi tersebut untuk dibaca, dibajak, atau bahkan dicuri data kita.

    Dari kekuranga atau kerugian diatas, maka kita harus berhati-hati saat menggunakan VPN. karena pada dasarnya tidak ada sistem yang aman sekali pasti ada kelamahannya juga. Demikian postingan kali ini, jika kalian ada pertanyaan ataupun mau reques postingan bisa ditulis dikolom komentar atau bisa melalui email. Terimakasih sudah mampir di blog saya. Semangat belajar..................

    Belum ada Komentar untuk "Apa saja sih kerugian dari VPN ??"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan link

    Iklan Bawah Artikel