Recent Posts

    Materi Administrasi Server Kelas 12 TKJ

    Materi Administrasi Server KELAS 12 TKJ




    Pada postingan kali ini saya akan berbagi beberapa rangkuman materi Administrasi server kelas 12 TKJ. Semoga postingan ini dapat bermanfaat kepada kalian semua. oke langsung saja ke rangkuman materinya.

    1. Samba Server

           Samba adalah program yang dapat menjembatani kompleksitas berbagai platform system operasi Linux(UNIX) dengan mesin Windows yang dijalankan dalam suatu jaringan komputer.Samba server adalah paket yang ada pada linux yang berguna sebagai media pertukaran data antara sistem operasi windows dengan sistem operasi linux. Samba server berjalan pada port 445 dan 139 (TCP), 137 dan 138 (UDP).

     Fungsi samba server

    • Samba berfungsi sebagai penghubung antara mesin bersistem operasi linux dengan mesin bersistem operasi windows, untuk melakukan sebuah aktivitas sharing file, device, firewall, dns, dhcp, ftp, proxy, mail dan aktivitas lainnya.
    • Samba juga memiliki fasilitas Samba Primary Domain Controller, fitur ini berguna untuk melakukan pengujian kebenaran atas pengguna terdaftar yang ingin mengakses semua fasilitas domain yang telah disediakan, untuk itu hanya pengguna yang terdaftar yang akan diberikan akses
    • Samba juga berfungsi sebagi Domain Controller ( pengelola keamanan jaringan ) pada windows. Domain controller adalah subuah server yang memberikan tanggapan security authentication, contohnya melakukan verifikasi apakah pengguna tersebut adalah orang yang berhak melakukan akses ke server dan telah terjamin datanya.

    Keunggulan Samba Server
    • Gratis atau free.
    • Tersedia untuk berbagai macam platform.
    • Mudah dikonfigurasi oleh administrator.
    • Sudah terhubung langsung dengan jaringan dan jarang ditemui masalah dalam penggunaannya di  jaringan.
    • Mudah dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan administrator.
    • Dapat diandalkan karena jarang terjadi kesalahan, kecuali sever computer anda bermasalah dengan perangkat kerasnya.
    • Mempunyai performa yang maksimal.
    2. VPN Server

            VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah teknologi komunikasi yang menggunakan koneksi private (pribadi) yang dapat terhubung ke sebuah jaringan publik.

    Fungsi  VPN 
    • Data Integrity
    • Confidentiality
    • Origin Authentication
    Cara kerja VPN
    • VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai pengubung antar PC, Server VPN. Dan hal ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router.
    • VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol-protokol inilah yang membantu jaringan VPN untuk memproses autentikasi.
    • VPN Klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi jalur akses terhadap jaringan.
    • VPN menggunakan teknologi enkripsi yang mana akan meningkatkan fitur keamanan.
    Manfaat VPN
    • Remote akses
    • Keamanan
    • Hemat biaya

    3. Materi Multimedia Streaming Server

         Streaming Server adalah sebuah web server atau aplikasi yang terinstal di dalam sebuah server yang digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara real-time atau streaming di internet.
    Streaming server mengizinkan kita untuk meletakkan file-file audio atau video secara terpisah dari web server yang kita jalankan. Situs-situs yang menyediakan layanan streaming video atau audio menggunakan streaming server untuk menjalankan layanannya. Contoh situs-situs yang menggunakan streaming server di antaranya Youtube, Metacafe, dan Megavideo.

    Protokol Streaming
    • UDP (User Datagram Protocol) singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Protokol ini didefinisikan dalam RFC 768
    • MMS ( Microsoft Media Server )  adalah protocol yang digunakan untuk mendistribusikan streaming windows media yang dikembangkan oleh Microsoft . Dukungan codec yang dapat didistribusikan melalui protocol ini adalah WMA dan WMV. Namun saat ini Microsft windows media server telah dapat pula mengggunakan protocol RTSP dengan meridirect protocol HTTP yang dimiliki oleh MMS . Port default nya adalah 1935.
    • Real-time Transport Protocol (RTP) didefinisikan sebagai standarisasi paket untuk mengirimkan audio dan video pada jaringan IP. RTP digunakan untuk komunikasi dan sistem entertain yang termasuk didalamnya streaming media seperti telepony, aplikasi video teleconfrence dan web yang memiliki fitur berbasis push-to-talk.
    • Unicast adalah satu - ke satu koneksi antara klien dan server. Unicast menggunakan metode pengiriman IP seperti protokol kontrol transmisi (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP), protokol berbasis sesi. Ketika klien Windows Media Player menyambung menggunakan unicast ke server Windows Media, klien yang memiliki hubungan langsung ke server. Setiap unicast klien yang menyambung ke server mengambil bandwidth tambahan.             
    • Multicast atau multicasting adalah sebuah teknik di mana sebuah data dikirimkan melalui jaringan ke sekumpulan komputer yang tergabung ke dalam sebuah grup tertentu, yang disebut sebagai multicast group. Multicasting merupakan sebuah cara pentransmisian data secara connectionless(komunikasi dapat terjadi tanpa adanya negosiasi pembuatan koneksi), dan klien dapat menerima transmisi multicast dengan mencari di mana lokasinya, seperti halnya ketika kita membuka sebuah stasiun radio untuk mendengarkan siaran radio. Multicast sebenarnya merupakan mekanisme komunikasi one-to-many, atau point-to-multipoint, dan berbeda dengan cara transmisi unicast.

    Langkah Kerja
    • Client mengirimkan permintaan streaming video atau audio ke web server,
    • Web server meneruskan permintaan client ke streaming server,
    • Streaming server memproses permintaan client,
    • Streaming server mentransmisikan file video atau audio yang diminta kepada client secara langsung tanpa melalui web server,
    • Klien dapat menjalankan file video atau audio yang diminta.
    4. HTTP Server

           Pengertian HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) sama dengan HTTP, namun HTTPS memiliki kelebihan tersendiri dari sisi keamanan. HTTPS memakai Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sub layer bawah lapisan aplikasi HTTP biasa.
           HTTP (Hypertext Transfer Protocol) telah digunakan sejak tahun 1990 dan hingga saat ini terus mengalami pembaruan versi untuk meningkatkan fiturnya. Dibanding protokol lainnya seperti FTP, IMAP, SMTP maupun POP3, HTTP yang paling sering digunakan dan cukup populer.

    Perbedaan HTTP dan HTTPS
    • Keamanan transmisi data
    • Port yang digunakan
    • SSL

    5. Ftp Server 

              FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. FTP terdiri dari sebuah client dan sebuah server yang merupakan aplikasi yang memberikan akses/pertukaran transfer data antara dua komputer (client dan server).

    Fungsi FTP server adalah sebagai berikut:
    • Mensharing data.
    • Menyediakan indirect atau implicit remote komputer.
    • Menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
    • Menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
    • FTP dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore data Website dengan mudah.
    6. Monitoring Server

              Adalah salah satu fungsi dari management yang berguna untuk menganalisa apakah jaringan masih cukup layak untuk digunakan atau perlu tambahan kapasitas.
              Monitoring server adalah salah satu fungsi dari management yang berguna untuk menganalisa apakah jaringan masih cukup layak untuk digunakan atau perlu tambahan kapasitas.

    Cara kerja

          Sebuah sistem monitoring kinerja server melakukan proses pengumpulan data mengenai dirinya sendiri dan melakukan analisis terhadap data-data tersebut dengan tujuan untuk memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki. Data yang dikumpulkan pada umumnya merupakan data yang real-time, baik data yang diperoleh dari sistem yang hard real-time maupun sistem yang soft real-time. Sistem yang real-time merupakan sebuah sistem dimana waktu yang diperlukan oleh sebuah komputer didalam memberikan stimulus ke lingkungan eksternal adalah suatu hal yang vital. Waktu didalam pengertian tersebut berarti bahwa sistem yang real-time menjalankan suatu pekerjaan yang memiliki batas waktu (deadline). Di dalam batas waktu tersebut suatu pekerjaan mungkin dapat terselesaikan dengan benar atau dapat juga belum terselesaikan. Sistem yang real-time mengharuskan bahwa suatu pekerjaan harus terselesaikan dengan benar. Sesuatu yang buruk akan terjadi apabila komputer tidak mampu menghasilkan output tepat waktu.

    Pada Tujuan Monitoring Jaringan Komputer adalah untuk mengumpulkan informasi yang berguna dari berbagai bagian jaringan sehingga jaringan dapat diatur dan dikontrol dengan menggunakan informasi yang telah terkumpul. Dengan begitu diharapkan jika terjadi touble atau permasalahan dalam jaringan akan cepat diketahui dan diperbaiki sehingga stabilitas jaringan lebih terjamin. 

    Note : Silahkan Kunjungi Situs Ardanisite.com banyak informasi menarik seputar Teknologi dan informasi

    Demikian artikel kali ini apabila ada kekurangan saya mohon maaf, jika kalian punya saran bisa ditulis di kolom komentar agar blog ini lebih maju lagi. semangat belajarrrrrrrrrrrr...

    4 Komentar untuk "Materi Administrasi Server Kelas 12 TKJ"

    1. terima kasi banyak ya min. artikel ini sangat berguna dan berfungsi bagi orang orang yang belum mengerti seperti saya , teruslah berkarya ya min ^^ semoga anda sukses dan sehat selalu ya min
      jangan lupa juga kunjungi website saya di :
      bandarq terpercaya

      terima kasih salam hormat

      BalasHapus
    2. bagus min,saran saya boleh lah

      tambahin min dhcp,openssh,nat,subdomain,mailserver dan yang lainya seputar materi asj

      BalasHapus

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan link

    Iklan Bawah Artikel