Recent Posts

    Sistem keamanan jaringan nirkabel lengkap

    sistem keamanan jaringan nirkabel


    Pengertian jaringan nirkabel yaitu suatu media yang transmisi datanya tidak menggunakan kabel, karena jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya.

    Silahkan Kunjungi situs Ardanisite.com banyak informasi menarik seputar teknologi

    keamanan jaringan adalah suatu cara atau susatu system yang digunakan untuk memberikan perlindungan pada suatu jaringan agar terhindar dari serangan atau berbagai ancaman dari pihak luar yang tidak bertanggunag jawab.

    Jenis keamanan jaringan nirkabel


    1. WEP (Wired Equivalent Privasi

          WEP adalah suatu metode pengamanan jaringan nirkabel, merupakan standar keamanan & enkripsi pertama yang digunakan pada wirelessEnkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke klien maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk authentikasi menuju access point, dan WEP mempunyai standar 802.11b. WEP dipilih karena telah memenuhi standar dari 802.11 yakni :


    • Exportable
    • Reasonably strong
    • Self-Synchronizing
    • Computationally Efficient
    • Optional.
    Keamanan WEP :


    • Masalah kunci yang lemah, algoritma RC4 yang digunakan dapat dipecahkan.
    • WEP menggunakan kunci yang bersifat statis
    • Masalah initialization vector (IV) WEP
    • Masalah integritas pesan Cyclic Redundancy Check (CRC-32)

    2. WPA (WI-FI Protected Access)

         Metode pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP. Para peneliti menemukan banyak celah dan kelemahan pada infrastruktur nirkabel yang menggunakan metoda pengamanan WEP. Sebagai pengganti dari sistem WEP, WPA mengimplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i. WPA menggunakan metode TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) yang mampu berubah secara dinamis. Protokol TKIP akan mengambil kunci utama sebagai starting point yang kemudian secara reguler berubah sehingga tidak ada kunci enkripsi yang digunakan dua kali.Nantinya WPA akan lebih banyak digunakan pada implementasi keamanan jaringan nirkabel. WPA didesain dan digunakan dengan alat tambahan lainnya, yaitu sebuah komputer pribadi (PC).
    metoda enkripsi dari WPA ini juga menggunakan algoritma RC4.

    Pengamanan jaringan nirkabel dengan metoda WPA ini, dapat ditandai dengan minimal ada tiga pilihan yang harus diisi administrator jaringan agar  jaringan dapat beroperasi pada mode WPA ini. Ketiga menu yang harus diisi  tersebut adalah:
    • Server
          Komputer server yang dituju oleh akses point yang akan memberi otontikasi kepada client.    beberapa perangkat lunak yang biasa digunakan antara lain freeRADIUS, openRADIUS dan lain-lain.
    • Port
    Nomor port yang digunakan adalah 1812.


    • Shared Secret
    Shared Secret adalah kunci yang akan dibagikan ke komputer dan juga kepada client secara transparant.

    Kelebihan WPA:

    Meningkatkan enkripsi data dengan teknikTemporal Key Integrity Protocol (TKIP). enkripsi yang digunakan masih sama dengan WEP yaitu RC4, karena pada dasarnya WPA ini merupakan perbaikan dari WEP dan bukan suatu level keamanan yang benar – benar baru, walaupun beberapa device ada yang sudah mendukung enkripsi AES yaitu enkripsi dengan keamanan yang paling tinggi.

    Kelemahan WPA:

    Kelemahan WPA sampai saat ini adalah proses kalkulasi enkripsi/dekripsi yang lebih lama dan data overhead yang lebih besar. Dengan kata lain, proses transmisi data akan menjadi lebih lambat dibandingkan bila Anda menggunakan protokol WEP.

    3. WPA/PSK (Wi-Fi Protected Access – Pre Shared Key)

            WPA2-PSK adalah security terbaru untuk wireless, dan lebih bagus dari WEP dan WPA-PSK, tetapi masih bisa untuk dicrack atau disadap tetapi sangat memakan banyak waktu.Dalam WPA2-PSK ada dua jenis decryption, Advanced Encryption Standard (AES) dan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). TKIP banyak kelemahan oleh itu lebih baik anda gunakan AES. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).

    Oleh karena itu saya sarankan kepada anda , pakai WPA2-PSK(AES), lebih secure dan lama untuk crack. Tapi ingat! Anda perlu pastikan wireless router anda dan wifi adapter anda support WPA dan WPA2.

    4. WPA2

          WPA2 adalah sertifikasi produk yang tersedia lewat Wi-Fi Alliance. Sertifikasi tersebut hanya menyatakan bahwa peralatan wireless yang kompatibel dengan standar IEEE 802.11i. Sertifikasi produk (WPA2) yang secara resmi menggantikan wired equivalent privacy (WEP) dan fitur keamanan lain yang asli standar IEEE 802.11.
    Tujuan dari sertifikasi tersebut adalah untuk mendukung wajib tambahan fitur keamanan standar IEEE 802.11i yang tidak sudah termasuk untuk produk-produk yang mendukung WPA. Update WPA2/WPS IE yang mendukung WPA2 memiliki fitur seperti berikut ini:


    • WPA2 Enterprise IEEE 802.1X menggunakan autotentikasi dan WPA2 Personal menggunakan tombol preshared (PSK).

    Sebuah sistem yang bisa diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel juga.Metode pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi/menambah beberapa fungsi dari sistem yang sebelumnya, yaitu WEP. WPA mengimplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i. Kemudian nantinya WPA akan lebih banyak digunakan pada implementasi keamanan jaringan nirkabel/wireless.

    5. MAC Filter

        MAC Address Filtering merupakan metode filtering untuk membatasi hak akses dari MAC Address yang bersangkutanHampir setiap wireless access point maupun router difasilitasi dengan keamanan MAC Filtering. MAC filters ini juga merupakan metode sistem keamanan yang baik dalam WLAN, karena peka terhadap jenis gangguan seperti:pencurian pc card dalam MAC filter dari suatu access pointsniffing terhadap WLAN.

         Fungsi MAC - Filter MAC filter fungsinya untuk menseleksi komputer mana yang boleh masuk kedalam jaringan berdasarkan MAC Address. Bila tidak terdaftar, tidak akan bisa masuk ke jaringan MAC filter Address akan membatasi user dalam mengakses jaringan wireless. Alamat MAC dari perangkat komputer user akan didaftarkan terlebih dahulu agar bisa terkoneksi dengan jaringan wireless.

        Kelemahan MAC - Filter MAC Address bisa di ketahui dengan software kisMAC. Setelah diketahui MAC Address bisa ditiru dan tidak konflik walau ada banyak MAC Address sama terkoneksi dalam satu Access Point.

    6. Menyembunyikan SSID

        SSID disembunyikan dengan maksud agar hanya yang mengetahui/memiliki hak akses SSID yang dapat terhubung ke jaringan tertentu. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena SSID tidak dapat disembunyikan secara sempurna, karena tidak jarang juga SSID mudah dilacak orang lain.

    Demikian artikel kali ini apabila ada kekurangan saya mohon maaf, jika kalian punya saran bisa ditulis di kolom komentar agar blog ini lebih maju lagi. semangat belajarrrrrrrrrrrr...

    Belum ada Komentar untuk "Sistem keamanan jaringan nirkabel lengkap"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan link

    Iklan Bawah Artikel