Tuesday, January 9, 2018

PERBEDAAN HUB DAN SWITCH

PERBEDAAN HUB DAN SWITCH 
images:http://motu.com

Sering kali kita bingun akan perbedaan hub dan switch, dimana kedua hapir sama baik dalam bentuk fisik maupun kegunaan. Akan tetapi sebenarnya hub dan switch itu terdapat perbedaan, beberapa perbedaan tersebut diantaranya :


1)  Hub terletak pada layar OSI(open system interconection) yang ke 1 yaitu physical layer, dimana layer yang langsung berhubungan dengan hardware. Sedangkan switch terletak pada layer ke 2 yaitu data link layer, diamana layer yang dapat membaca karakter fisik suatu jaringan (Mac Address).

2)  Hub dapat langung di operasikan tampa mensetting/mengatur terlebih dahulu, sedangkan pada switch dalam penggunaannya dapat diatur/mensetting terlebih dahulu.

3)  Hub hanya dapat memecah jaringan saja pada hub standar, sedangkan pada switch dapat memecah jaringan dan memperkuat sinyal, tingkat keamanan pada switch lebih tinggi di bandingkan hub, di suatu ruangan terdapat 10 komputer yang menggukan switch pada sebuah jaringan local, pada saat akan melakukan pengiriman data dari komputer 1 ke komputer 6(misalnya) user dapat mengirim langsung ke komputer 6 tampa harus mengirim ke 10 komputer tersebut. Singkat kata penggunaan switch lebih efisien.


4)  Harga switch lebih mahal karena kualitas dari switch sendiri lebih unggul dari pada hub. Pada zaman sekaran masyarakat local banyak yang memilih switch pada sebuah jaringan LAN(LOCAL AREA NETWORK) karena dapat digunakan pada jaringan lan yang lebih luas di bandingkan menggunakan hub.

Saat ini switch terlaris yaitu 8 port gigabit ethernet switch jaringan 12 v. Anda dapat mengetahui harga terbaru dari switch di Alibaba
images:https://www.hored.net/

 Ok... itu saja teman, yang dapat saya sampaikan semoga ilmu yang saya dapat bisa menambah ilmu pengetahuan teknologi kalian.

0 comments

Post a Comment