Recent Posts

    apa saja perangkat jaringan nirkabel ?


    Apa saja perangkat jaringan nirkabel ? - Pada kesempatan kali ini jawabbin akan menjawab pertanyaan tentang apa saja perangkat yang digunakan untuk membangun jaringan nirkabel ?
    jika kalian ingin membangun sebuah wifi atau jaringan nirkabel harus mempersiapkan beberapa perangkat jaringan.

    Silahkan dibaca terlebih dahulu postingan saya sebelumnya tentang


    Berikut adalah perangkat yang digunakan untuk membangun jaringan wirelles atau jaringan nirkabel :


    1. Access Point


    Access Point adalah sebuah Perangkat dalam jaringan komputer yang dapat menciptakan jaringan lokal nirkabel atau WLAN (Wireless Local Area Network). Access point akan dihubungkan dengan router atau hub atau switch melalui kabel Ethernet dan memancarkan sinyal wifi di area tertentu. Untuk dapat terhubung dengan jaringan lokal yang telah dikonfigurasikan tersebut, perangkat harus melalui access point.

    Fungsi Acess Point adalah :

    • Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
    • Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
    • Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
    • Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel

    2. Antena


    Antena adalah suatu piranti yang digunakan untuk merambatkan dan menerima gelombang radio atau elektromagnetik. Pemancaran meruapakan satu proses perpindahan gelombang radio atau elektromagnetik dari saluran transmisi ke ruang bebas melalui antena pemancar. sedangkan penerimaan adalah satu proses penerimaan gelombang radioatau elektromagnetik dari ruang bebas melalui antena penerima. Karena merupakan perangkat perantara antara saluran transmisi dan udara, maka antena harus mempunyai sifat yang sesuai (match) dengan saluran pencatunya.


    Jenis Jenis Antena antara lain :
    • Antena Grid
    • Antena Sectoral 
    • Antena Flat
    • Antena Rocket
    • Antena Omnidirectional
    • Antena Yagi
    • Antena Wajan Bolic
    • Antena Omni Slotted Maveguide 

    3. Kabel Pigtail/Kabel Jumper


    Pigtail adalah salah kabel yang digunakan untuk menghubungkan modem dengan antena. Panjang kabel Pigtail maksimal hanya 1 meter, selebih dari itu anda akan mengalami degradasi sinyal(loss dB) Pada kedua ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor disesuaikan dengan konektor yang melekat pada access point anda.

    4. POE ( Power Over Ethernet)



    PoE (Power Over Ethernet.) POE sendiri bisa diartikan sebagai penyaluran tenaga listrik menggunakan kabel jaringan atau kabel Ethernet. Dimana listrik selanjutnya dialirkan memanfaatkan kabel twisted pair, baik UTP atau STP sebagai media transmisi daya.

    5. Kabel UTP/STP


    kabel UTP/STP ini diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal anda, jadi di bawah dia bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch, pilihlah kabel UTP/STP yang berkualitas baik guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.

    Kabel UTP adalah singkatan dari UTP yaitu Unshielded Twisted Pair. Kabel UTP terbuat dari bahan pengantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik dan terbungkus dari bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik. Kabel UTP terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling bergabung dimana masing – masing pasang mempunyai kode dengan warna yang berbeda.

    Kabel STP (Shielded Twisted Pair) ialah bagian dari kabel tembaga yang memiliki 2 (dua) buah pembungkus yang ada pada masing-masing kabelnya. Pelindung dari kabel tersebut biasanya terletak di setiap pasang kabelnya yang dilindungi oleh timah serta setiap pasang itu masing-masingnya dilapisi oleh pelindung.

    6. Penangkal Petir (Lightning Arrester)


    Penangkal Petir (Lightning Arrester) berfungsi menyalurkan kelebihan beban listrik saat petir menyambar ke kabel pembumian(grounding), komponen ini dipasang pada kabel jumper antara perangkat access point dengan antena eksternal. Grounding untuk penangkal petir umumnya ditanam dengan batang tembaga hingga kedalaman beberapa meter sampai mencapai sumber air. Ingat grounding yang kurang baik akan menyebabkan perangkat wireless tetap rentan terhadap serangan petir.

    7. Tower


    Tower adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segi tiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat), yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun penerima gelombang telekomunikasi dan informasi.

    Demikian Artikel mengenai perangkat yang di gunakan untuk membangun sebuah jaringan nirkabel atau jaringan wirelless. Semoga pertanyaan kalian bisa terjawab di postingan ini. terima kasih sudah berkunjung. see you..

    Belum ada Komentar untuk "apa saja perangkat jaringan nirkabel ?"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan link

    Iklan Bawah Artikel